Jumat, 20 Mei 2016

[Begini Caranya] Buat KIPEM / KITAS di Denpasar

Siang Denpasar ..

Well, post sebelumnya menceritakan tentang aku dan suami yang memutuskan untuk stay di Denpasar, Bali. Sebagai warga negara yang baik, kita harus membuat Kipem (Kartu Identitas Penduduk Musiman) atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara).  

Cara membuat Kipem di Denpasar, pertama kita harus mendatangi Banjar, setara RW kalau di Jakarta, yang harus kita serahkan adalah fotokopi KTP yang masih berlaku dan foto 2x3 masing-masing selembar. Nanti kita akan ditanya saat ini tinggal dimana, dll.

Dari pengalamanku, membuat kipem memakan waktu sehari, tapi tergantung, jika kepala desa sedang ada di tempat dan siap tanda tangan mungkin bisa lebih cepat, bila tidak mungkin bisa lebih lambat . Biaya pembuatan kipem sebesar seratus ribu rupiah yang berlaku selama 3 Bulan. Setelah 3 bulan kipem harus kembali diperpanjang.

kipem denpasar
bagian depan Kipem Denpasar.
bagian belakang kipem
Bagian belakang KIPEM
Pada bagian depan KIPEM tertera, Nomor kipem, nama lengkap, foto, alamat tinggal, dll. seperti gambar yang diatas, sedangkan pada bagian belakang tertera jenis kelamin, pendidikan terakhir dan alamat sesuai KTP, masa berlaku KIPEM dan tanda tangan serta cap dari kepala Dusun dan kepala desa setempat.

Aku gak pernah ditanya pendidikan terakhir kayanya, tapi kok ditulis SMA aja ya .. hehe .. yang penting jadi ajalah dulu kipemnya .

KIPEM ini sangat berguna kalau ada pemeriksaan warga di Denpasar sini, Menurut informasi biasanya ada pemeriksaan surat atau razia yustisi oleh pecalang, atau polisi tradisional Bali. Warga pendatang yang tidak mempunyai Kipem akan dikenakan sanksi. Selain itu, KIPEM ini juga berguna untuk membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau yang biasa disebut juga Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), Jadi kita tidak perlu pulang kampung untuk mengurus SKCK, cukup menggunakan KIPEM. Cara membuat SKCK di Denpasar insya Allah akan dibahas di post selanjutnya.


Sekian.
Semoga bermanfaat :D

Rabu, 18 Mei 2016

Welcome to Denpasar !

Awal bulan Mei ini, aku dan suami memutuskan untuk hijrah dari Jakarta ke Denpasar. Yap .. Denpasar, Bali, Indonesia. Actually, suamiku telah lebih dulu berangkat ke Denpasar dengan mengendarai motor kami si Jupi, New Jupiter MX berwarna hitam keluaran tahun 2012 yang menjadi saksi perjalanan kami, ciieee ...  

Tepatnya 10 Mei 2016 malam, aku tiba di Denpasar, Alhamdulillah sampai karena pesawat yang aku tumpangi sempat turbulensi . Di Bandara I Gusti Ngurah Rai, aku dijemput oleh suamiku dan si Jupi tentu saja. Kami menuju kost kami diiringi dengan hujan rintik.

Hidup di perantauan seperti hal yang sedikit menakutkan tapi kami anggap ini sebagai Chopportunity (Challenging  opportunity), mengutip dari kata-kata Happy, jenius ahli mekanik dari serial TV favorit kami, Scorpion. Denpasar dan Jakarta itu berbeda. Di Jakarta biasanya kami dapat mendengar suara azan bersahutan, disini tidak . Mungkin ada beberapa daerah yang azannya terdengar, tapi di kost kami azan tidak terdengar . Itu yang membuat kami menginstal aplikasi pengingat waktu solat di ponsel kami.

Suamiku bekerja di perusahaan telekomunikasi tidak jauh dari kost, sedangkan aku masih mencari kerja. Di Denpasar ini tidak ada angkot seperti di kota-kota lain jadi rada sulit untuk bepergian sendiri. Rata-rata penduduk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Aku pernah dengar ada angkot gratis, tapi belum tau tepatnya dimana, rutenya kemana dan kapan waktunya ada. Nanti akalu aku sudah mencoba angkot gratis ini, akan aku ceritakan lagi di blog ya .. :)

Hari Minggu kemarin aku dan suami pergi ke Pantai Kuta, salah satu pantai yang terkenal di Bali. Kami pergi kesana malam hari karena kalau siang panas (whooa).. Pantainya gelap, air laut hampir samar, tertolong oleh cahaya bintang yang menyala sempurna dari langit diatasnya. Kami berjalan sepanjang pantai dan pulang .. Well, sebelum ke pantai kami melewati Jalan Legian dan Ground Zero, yaitu monumen yang dibuat untuk memperingati tragedi bom Bali. Di Jalan Legian padat sekali malam itu sehingga kami hanya lewat saja .

Monumen Ground Zero
Ground Zero, Legian

Sepanjang aku di Denpasar, ternyata tidak sedikit muslimah yang menggunakan hijab di kota yang minoritas Muslim ini. Agak lega sebagai hijaber karena punya banyak 'teman'. 

Nah,, sebagai warga negara yang baik, untuk tinggal di Denpasar ini kita harus membuat KIPEM (Kartu Identitas Pendudukan Musiman). Kipem ini nantinya berguna untuk membuat SKCK untuk kelengkapan melamar pekerjaan. Cara untuk membuat kipem insya Allah akan saya tulis di post selanjutnya setelah proses pembuatan Kipem saya disini selesai.

Terima kasih telah membaca. semoga bermanfaat :)

Rabu, 24 Februari 2016

Kontes SEO pertama gw dari PTNCS

Bulan Januari kemarin gw iseng-iseng ikut kontes SEO. Baru kali ini ikut kontes SEO jadi gak terlalu berharap si sebenernya, tapi kalo menang juga gak nolak .. hahaii

Yang bikin kontes itu PT NCS, perusahaan ekspedisi yang udah berdiri lebih dari 20 tahun. Sekarang NCS udah jadi perusahaan gede. Gw dulu pernah kerja di NCS dan senior-senior gw suka cerita kalo kantor NCS ntu dulunya cuman rumah. Dan gw gak nyangka perusahaan ini (waktu awal gw kerja) masih kurang dari 20 tahun. tergolong pesat perkembangannya karena cabang dan agennya udah ada dari Aceh sampai Papua.

Setiap waktu NCS semakin berkembang, dulu kantornya rumah kecil, sekarang kantor besar dengan 60 cabang dan 300 agen di seluruh Indonesia. Dulu stafnya puluhan, sekarang mungkin lebih dari ratusan. Dulu belum bisa tracking AWB via web, sekarang bisa. Dulu status di web suka delay, sekarang realtime karena sekarang kurir NCS udah dibekalin android, so begitu mereka update langsung sinkronisasi di web.

Kalo gw yang punya kantor, entahlah gw harus seneng atau bingung karena repot ngurusin staf yang segitu banyak .. heu ..
Karena gak bisa dimonitor sendiri paling gak harus ada orang" kepercayaan biar perusaahan bisa tetep jalan, karena menurut gw perusahaan tuh satu kesatuan, antara owner dan staf-stafnya. Jalan bareng-bareng, maju sama-sama.

Gw sempet ngerasain 2 kali ikut perayaan ulang tahun NCS, dan setiap ulang tahun ada penghargaan untuk karyawan terlama, ternyata gak sedikit yang udah kerja lebih dari 10 tahun. Pas diumumin gw kaget juga si, lama amat . Dan ternyata, senior yang satu divisi sama gw juga udah 12 tahunan. busyett .. salut gw sama loyalitasnya. Menurut gw ada 2 alasan karyawan jadi loyal, yang pertama atasan yang mengerti stafnya, atau staf yang tidak punya pilihan lain . haha..

Selama gw kerja di NCS baik-baik aja, sistem kerjanya, temen kerjanya, atasannya, kondusif buat kerja. dan ngeliat NCS yang makin lama makin maju, saya bangga pernah jadi bagian dari NCS ..

Yeahhh .. Suksess .. :D

Sabtu, 30 Januari 2016

MeTube video sharing, yupz .. it's not you, it's Me

Hai sobat blogger, taukah kalian tanggal 29 Januari 2016 MNC Group meresmikan layanan video sharing baru bernama MeTube . Yupz .. it's not you, it's Me.

metube.co.id



MeTube adalah konten yang dikembangkan dari portal berita Okezone.com. Mungkin karena itulah jika kita buka Metube.co.id , web akan langsung redirect ke http://metube.okezone.com/

Sama seperti pendahulunya youtube dan vidio.com, dengan MeTube ini kita bebas berekspresi dan berbagi video. Dikutip dari okezone.com, menurut Harry Tanoesoedibjo, CEO MNC Group, yang membedakan MeTube dengan situs sejenis lainnya adalah kontennya yang positif, bersifat lokal dan jauh dari konten berbau pornografi. Yah ,, kita lihat saja perkembangannya ya .. :D

launching metube.co.id
CEO MNC Grup, Harry Tanoesoedibjo meresmikan MeTube.co.id

Saat ini ada 15 kategori yang ada di meTube.co.id, dan ada juga Live TV. Oleh karena meTube ini adalah bagian dari MNC, jelaslah Live TV yang ditayangkan adalah TV yang ada dibawah naungan MNC Grup.

MeTube ini terintegrasi dengan MNC Grup sehingga bukan tidak mungkin nantinya meTube akan digunakan untuk audisi online dalam program pencarian bakat MNC Grup. Dan kabarnya MeTube akan hadir dalam bentuk aplikasi mobile, sehingga bisa dinikmati oleh para pengguna smartphone.

Kamis, 28 Januari 2016

[Begini Caranya] Buat Kartu Keluarga Baru

Setelah menikah, pasangan suami istri WAJIB membuat kartu keluarga baru. Untuk yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, dont worry karena kali ini penulis akan membahas cara membuat kartu keluarga baru berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Sebenarnya proses pembuatan kartu keluarga baru sangat singkat dan mudah, dan proses pembuatan Kartu keluarga ini biasanya bersamaan dengan pembuatan KTP baru untuk mengganti status pernikahan/alamat. 

Hal yang terpenting dalam pembuatan kartu keluarga baru adalah Alamat yang tertera di KTP istri dan suami harus sama. Jika belum sama, maka salah satunya harus membuat surat pindah dari alamat tempat tinggal sebelumnya. Jika alamat rumah sudah sama, maka kita siap membuat kartu keluarga.

Berkas-berkas yang dibutuhkan, antara lain :
- Fotokopi Surat Nikah suami-istri
- Fotokopi KTP suami istri (Jika alamat di KTP masih beda, lampirkan keterangan pindah dari kelurahan tempat tinggal sebelumnya)
- Fotokopi Kartu keluarga sebelumnya (kartu keluarga suami&istri sebelum menikah)

surat pengantar RT

Jika berkas sudah lengkap, yang harus kita kunjungi adalah :
1. RT, minta surat pengantar pembuatan Kartu keluarga baru
2. RW, surat pengantar dari RT harus ditandatangai RW
3. Kelurahan, Surat pengantar dan berkas-berkas yang disebutkan diatas diserahkan ke staf kelurahan bagian pelayanan kependudukan

Setelah menyerahkan berkas-berkas, kita antri lagi, nantinya nama kita akan dipanggil petugas bagian kependudukan. Yap, kartu keluarga di-print hari itu juga. Kita akan dapat kartu keluarga 4 lembar, yang harus ditandatangi oleh kepala keluarga, dan Pak RT. Tanda tangannya harus ditekan agar tembus sampai lembar terakhir. Setelah selesai, kita harus kembali ke kelurahan menyerahkan kartu kelurga yang sudah ditandatangani kepala keluarga dan RT tersebut ke bagian kependudukan (langsung saja tanpa ambil no. antrian). Dan, kartu keluarga tersebut ditinggal dulu sehari, untuk untuk ditandatangani lurah/camat. 

Kartu keluarga Baru


Keesokan harinya kartu keluarga sudah jadi dan bisa digunakan. Petugas kelurahan akan memberikan kartu keluarga sebanyak 2 lembar. Lembar pertama untuk kita simpan, lembar kedua untuk RT.

Nah, begitu saja cara membuat kartu keluarga baru. Mudah bukan ?


Sabtu, 09 Januari 2016

Punya Online Shop dan mau kirim barang ? NCS, The Best For Express !

Online Shop saat ini semakin menjamur, semakin banyak barang yang dapat kita beli hanya dengan sekali klik. Sebagian besar dari kita pasti pernah membeli barang di online shop. Tidak perlu susah payah ke mall atau tempat perbelanjaan, tidak perlu berdesakan, kita hanya perlu cek gadget, pilih barang dan KLIK, barangpun dikirim.

Semakin banyaknya Online Shop membuat konsumen lebih bebas memillih barang yang dibutuhkan, dan tentu saja konsumen juga bisa lebih memilih penjual yang kredibilitasnya teruji. Berbanding terbalik dengan konsumen, para penjual justru harus putar otak untuk  menjual barang atau jasa mereka. Mulai dari menjual barang dengan kualitas bagus, pelayanan yang ramah, dan pengiriman barang yang cepat. Semuanya harus dilakukan penjual agar konsumen puas dan tidak kecewa berbelanja di online shop mereka dan agar konsumen menjadi pelanggan setia. Karena kredibilitas online shop dapat dilihat dari kepuasan dan review konsumen.

PT NCS Jasa Pengiriman Barang dan Dokumen untuk Online Shop

PT NCS jasa pengiriman barang dan dokumen untuk online shop


Untuk jasa pengiriman barang dan dokumen, kita tidak perlu khawatir, pakai saja NCS!. Kenapa NCS ? Karena ..

- Kredibilitas PT NCS telah teruji selama lebih dari 20 tahun dalam pengiriman barang dan dokumen ke seluruh Indonesia.
- Cabang dan agen PT NCS tersebar di seluruh Indonesia sehingga penjual bisa mengirimkan barang mereka sampai ke pelosok daerah.
- Penjual bisa menggunakan jasa PT NCS untuk mengirimkan barang dan dokumen ke lebih dari 150 negara.
- Pengiriman cepat.
- Gratis Fast Box untuk pengiriman paket untuk online shop.
- Realtime status update

Seperti yang telah disebutkan diatas PT NCS mempunyai layanan yang mungkin tidak dimiliki oleh jasa pengiriman lain yaitu Fast Box Delivery. Fast Box ini Gratis untuk packing paket anda di counter NCS di beberapa mall di Jakarta.

PT NCS jasa pengiriman barang dan dokumen untuk online shop

Waktu pengiriman PT NCS juga relatif cepat. berikut ini adalah layanan pengiriman PT NCS :
- Same Day Service, yaitu layanan pengiriman yang mana barang di pickup dan diterima customer pada hari yang sama.
- Over Night Service, yaitu layanan pengiriman selama 1 hari. Jadi customer akan menerima barang H+1 setelah barang tersebut di-pickup
- Regular Service, layanan pengiriman selama 1-2 hari (Ibukota provinsi), 2-7 hari (kabupaten), 4-10 hari (wilayah terpencil).
tidak heran jika slogan NCS adalah The Best For Express.

Layanan PT NCS yang tidak kalah menarik adalah real-time status update. Kurir PT NCS menggunakan android untuk langsung meng-update status pengiriman jika sudah sukses, jadi kita bisa tahu kapan barang tersebut sampai dan siapa yang menerima hanya dengan mengakses website PT NCS.

Sangat menarik bukan bagi pengusaha online shop ? tidak perlu bingung memilih jasa pengiriman barang dan dokumen untuk online shop, Pakai saja NCS !

Kontes SEO PT NCS

ptncs-jasa-pengiriman-barang-dan-dokumen-untuk-online-shop

For your information, PT NCS jasa pengiriman barang dan dokumen untuk online shop mengadakan Kontes SEO dengan hadiah total Rp. 5.000.000,- . Selain hadiah tersebut, benefit yang kita dapat jika mengikuti kontes ini adalah mendapatkan sertifikat Kontes SEO PT NCS dan akan mendapatkan 5 voucher diskon 20% untuk pengiriman barang menggunakan NCS. Untuk mengetahui syarat dan ketentuan mengikuti kontes, anda dapat klik banner Kontes SEO PT NCS yang ada pada sidebar blog ini.

Jadi, jangan ragu untuk ikut kontes ini, dan jangan ragu pakai jasa PT NCS untuk pengiriman paket online shop anda. NCS, The Best For Express !



Rabu, 06 Januari 2016

Good News ... Kontes Blog #AllAboutflashOPPOR7s Diperpanjang !!

Hai Sobat Bloggers !!

Ada kabar gembira buat kalian yang mau ikutan blog kontes #AllAboutFlashOPPOR7s tapi tidak sempat, Kontes Blog OPPO R7s diperpanjang sampai tanggal 8 Januari 2016 ..

#AllAboutFlashOPPOR7s


Jadi untuk kalian yang mau ikutan, masih bisa banget nih ..
Tulis artikel semenarik mungkin dengan Tema #AllAboutFlashOPPOR7s , dan dapetin hadiah-hadiah kerennya.

Hadiahnya gak main-main lho guys, yaitu :
1 orang pemenang pertama bakalan dapet Oppo R7s
2 orang pemenang kedua dapet OPPO Neo 7
dan 7 orang pemenang hiburan dapat marchandise dan CD original (limited edition) Isyana Sarasvati

Saya sendiri sudah membuat artikel untuk ikutan kontes ini, silahkan lihat untuk contoh disini . Bagi kalian yang mau ikutan kontes, jangan ketinggalan lagi yaa deadline sebentar lagi, dan jangan lupa ikutin peraturan kontesnya biar kesempatan kalian untuk menang lebih besar .

Rule untuk Blog Kontes #AllAboutFlashOPPOR7s bisa kalian lihat disini >> disini atau kalian bisa klik pada banner blog kontes #AllAboutFlashOppoR7s yang ada di sidebar blog ini yaa teman.

Jangan lupa, saling komen dan share link blog kalian. Silahkan komentar juga yaa di artikel saya http://catatankakidiary.blogspot.co.id/2015/12/oppo-r7s-all-in-one-gadget.html . hihii :D

Semoga berhasil.

Salam,