Kamis, 28 Januari 2016

[Begini Caranya] Buat Kartu Keluarga Baru

Setelah menikah, pasangan suami istri WAJIB membuat kartu keluarga baru. Untuk yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, dont worry karena kali ini penulis akan membahas cara membuat kartu keluarga baru berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Sebenarnya proses pembuatan kartu keluarga baru sangat singkat dan mudah, dan proses pembuatan Kartu keluarga ini biasanya bersamaan dengan pembuatan KTP baru untuk mengganti status pernikahan/alamat. 

Hal yang terpenting dalam pembuatan kartu keluarga baru adalah Alamat yang tertera di KTP istri dan suami harus sama. Jika belum sama, maka salah satunya harus membuat surat pindah dari alamat tempat tinggal sebelumnya. Jika alamat rumah sudah sama, maka kita siap membuat kartu keluarga.

Berkas-berkas yang dibutuhkan, antara lain :
- Fotokopi Surat Nikah suami-istri
- Fotokopi KTP suami istri (Jika alamat di KTP masih beda, lampirkan keterangan pindah dari kelurahan tempat tinggal sebelumnya)
- Fotokopi Kartu keluarga sebelumnya (kartu keluarga suami&istri sebelum menikah)

surat pengantar RT

Jika berkas sudah lengkap, yang harus kita kunjungi adalah :
1. RT, minta surat pengantar pembuatan Kartu keluarga baru
2. RW, surat pengantar dari RT harus ditandatangai RW
3. Kelurahan, Surat pengantar dan berkas-berkas yang disebutkan diatas diserahkan ke staf kelurahan bagian pelayanan kependudukan

Setelah menyerahkan berkas-berkas, kita antri lagi, nantinya nama kita akan dipanggil petugas bagian kependudukan. Yap, kartu keluarga di-print hari itu juga. Kita akan dapat kartu keluarga 4 lembar, yang harus ditandatangi oleh kepala keluarga, dan Pak RT. Tanda tangannya harus ditekan agar tembus sampai lembar terakhir. Setelah selesai, kita harus kembali ke kelurahan menyerahkan kartu kelurga yang sudah ditandatangani kepala keluarga dan RT tersebut ke bagian kependudukan (langsung saja tanpa ambil no. antrian). Dan, kartu keluarga tersebut ditinggal dulu sehari, untuk untuk ditandatangani lurah/camat. 

Kartu keluarga Baru


Keesokan harinya kartu keluarga sudah jadi dan bisa digunakan. Petugas kelurahan akan memberikan kartu keluarga sebanyak 2 lembar. Lembar pertama untuk kita simpan, lembar kedua untuk RT.

Nah, begitu saja cara membuat kartu keluarga baru. Mudah bukan ?


Posting Komentar